Home News Dua Smarthpones Xiaomi Akan Hadir Dengan Sensor Sidik Jari Dalam Layar?

Dua Smarthpones Xiaomi Akan Hadir Dengan Sensor Sidik Jari Dalam Layar?

3
0
Xiaomi-MI-Smartphones

Raksasa smartphones asal China, Xiaomi, menurut berita yang dilansir di XDA Developer forums ingin menambahkan fitur sensor sidik jari ke dalam beberapa ponsel Android One mereka yang akan datang. Fitur ini seperti yang telah dimiliki oleh ponsel Vivo seri V yang telah ada pada Vivo V11 Pro dan Vivo V15.

Sebagai informasi, Android One adalah standar penggunaan Android, sistem operasi perangkat seluler dari Google, dengan target para pengguna baru telepon pintar Android di negara-negara berkembang. Tampilan sistem operasi pada Android One mengikuti sistem operasi stok Android dengan minim perubahan antarmuka.

Beberapa ponsel yang termasuk dalam program ini adalah Nokia 9 Pureview, LG G7 One, Nokia 7.1, dan Nokia 8.1.

Situs tersebut melaporkan bahwa Xiaomi saat ini sedang mengerjakan beberapa prototipe-nya dengan nama kode “Pyxis,” “cosmos_sprout,” dan “bamboo_sprout.” Menurut Chief Editor pada XDA-Developers Portal, Mishaal Rahman, mengatakan bahwa akhiran sprout kemungkinan merujuk pada ponsel Android One dan untuk Pyxis kemungkinan besar adalah varian ponsel yang hanya beredar di Cina dan karenanya tidak akan memiliki akses ke Google Play Store.

Rahman melaporkan bahwa ketiga ponsel tadi sedang dalam tahap pengujian dengan pemindai sidik jari dalam layar. Dengan demikian ini berarti bahwa perangkat akan memerlukan layar OLED fleksibel. Diketahui bahwa harga layar OLED fleksibel cukup mahal.

Selain fitur pemindai sidik jari dalam layar, ketiga smartphones Xiaomi ini kemungkinan akan memiliki 32MP kamera depan (front-facing camera) seperti Vivo V15 Pro, namun didukung dengan binning 4-in-1 pixel. Menurut XDA developer forum, hal ini adalah masalahnya karena Xiaomi sedang menguji output gambar pada resolusi 32MP (6560 x 4928) untuk kamera depan dengan fitur remosic diaktifkan. Belum ada informasi lain apakan ketiga smartphones ini akan memiliki kamera depan lain. Apakah Xiaomi akan menempatkan kamera in notch, slider, atau kamera pop-up masih menjadi pertanyaan besar. Informas lain untuk prosesor dan komponen yang akan diusung oleh ponsel cerdas ini juga belum teridentifikasi. Namun jika perusahaan ingin menjaga agar biaya tetap rendah, XDA percaya bahwa ponsel akan membawa CPU kelas menengah seperti prosesor seri Qualcomm Snapdragon 600/700.

Diperkirakan Xioami harus melakukan balancing yang cukup rumit jika mereka akan menggunakan salah satu panel layar paling mahal untuk dapat membuat sensor sidik jari di dalam layar berfungsi dengan baik. Sementara sepesifikasi serta detail lainnya dari ponsel ini masih belum dapat ditebak, namun jika Xiaomi berhasil dan mereka dapat merilis ponsel dengan spesifikasi seperti ini maka mereka akan menambah daftar persaingan ketat di dunia smarthpones.

KOMENTAR ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here