TRENDING: Cara Update Driver Bluetooth di Windows 10 Read More

TRENDING: Samsung Galaxy A51 Spesifikasi dan Harga Indonesia Read More

TRENDING: Samsung Galaxy Z Flip Spesifikasi dan Harga Indonesia Read More

TRENDING: Samsung Galaxy Z Flip 5G Muncul di Geekbench, Menggunakan Snapdragon 865 Read More

TRENDING: Samsung Galaxy Fold Spesifikasi dan Harga Indonesia Read More

22 March 2019

Jutaan Kata Sandi Pengguna Facebook Bocor Secara Internal

1

Dilansir oleh BBCNews, jutaan kata sandi pengguna Facebook tidak aman. Ternyata kata sandi pengguna Facebook bukanlah hal yang sangat rahasia bagi karyawan Facebook. Menurut sebuah laporan, jutaan kata sandi pengguna Facebook dapat di akses oleh sekitar setidaknya 20.000 karyawan Media Sosial tersebut.

Seorang peneliti keamanan Brian Krebs memaparkan hal ini bahwa Facebook gagal dalam perlindungan data penggunanya. Krebs menemukan sekitar 600 juta kata sandi hanya disimpan dalam teks biasa. Ia melanjutkan, semua kata sandi yang disimpan dalam teks biasa ini adalah kata sandi yang dibuat oleh pengguna sejak tahun 2012 silam.

Brian Krebs adalah jurnalis dan reporter investigasi Amerika. Dia terkenal karena liputannya tentang penjahat cyber yang mencari untung. Minatnya tumbuh setelah worm komputer menguncinya dari komputernya sendiri pada tahun 2001. Krebs adalah penulis blog harian, KrebsOnSecurity.com, yang membahas keamanan komputer dan kejahatan di dunia maya. Ia juga menulis tentang masalah keamanan kata sandi pengguna Facebook ini juga di blognya.

Menanggapi hal ini, dalam sebuah pernyataan resmi, Facebook menyatakan bahwa hal tentang keamanan kata sandi pengguna facebook ini telah diatasi, jaringan sosial ini telah menyimpan kata sandi di sebuah jaringan internal sehingga lebih aman.

Insinyur Facebook, Scott Renfro dalam menanggapi Krebs mengatakan mereka telah melakukan penyelidikan internal tentang kemungkinan penyalahgunaan password pengguna namun tidak menemukan log tanda-tanda penyalahgunaan.

Dalam komentar publik, Facebook mengatakan telah menemukan masalah keamanan tersebut pada Januari lalu sebagai bagian dari tinjauan keamanan rutin.

Dan penyelidikannya menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna yang terkena dampak ini adalah pengguna yang menggunakan Facebook Lite, yang cenderung digunakan di negara-negara di mana koneksi internet jarang dan lambat.

“Kami memperkirakan bahwa kami akan memberi tahu ratusan juta pengguna Facebook Lite dan puluhan juta pengguna Facebook lainnya serta puluhan ribu pengguna Instagram,” kata Facebook kepada Reuters.

Namun Media Sosial tersebut menambahkan bahwa akan memberlakukan atau menyarankan reset ulang kata sandi pengguna hanya jika terjasi masalah login dari pengguna atau menemukan adanya penyalahgunaan kredensial login.

Soal masalah keamaan data pengguna ini sebenarnya telah menjadi masalah yang cukup lama bagi Facebook dalam hal menangani dan melindungi data pengguna.

Misalnya pada September tahun lalu telah tersebar informasi tentang kelemahan keamanan bagi sekitar 50 juta pengguna Facebook.

Dan sebelumnya pada tahun 2018 terungkap bahwa data jutaan pengguna telah “dicuri” oleh perusahaan analisis data Cambridge Analytica yang membantu kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengambil data 50 juta pengguna Facebook secara tidak etis. Mereka menjaring data melalui aplikasi kepribadian yang dipasang di Facebook.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *