Home Gaming PUBG (PlayerUnknown’s Battleground) Bakal Batasi Durasi Bermain

PUBG (PlayerUnknown’s Battleground) Bakal Batasi Durasi Bermain

1
0
PUBG - Players Unknown's Battle Grounds

PUBG (PlayerUnknown’s Battleground), game PC dan game Android yang mengusung permainan tembak-menembak ini belakangan menjadi topik pembicaraan hangat di Indonesia. Game ini diluncurkan di Steam pada bulan Maret 2017 dan sempat mencetak rekor baru dengan jumlah pemain bersamaan sekitar 877.844 pada tanggal 26 Agustus 2017 di platform Steam walaupun belum genap setahun. Hingga Desember 2018 lalu, pengguna game ini sudah mencapai 130 juta dari 200 negara di dunia.

Dikait-kaitkan dengan insiden penembakan di New Zealend baru-baru ini, game Android inipun menjadi topik viral di beberapa negara, pasalnya beberapa negara sedang mempertimbangkan membuat larangan untuk bermain game ini, termasuk di Indonesia.

Menanggapi topik viral tersebut, pengembang game populer ini mulai mengembangkan beberapa fitur baru sebagai upaya mengatasi masalah yang belakangan menjadi perhatian perusahaan. Android Authority melansir pada Minggu (24/3/2019) bahwa pengembang game sedang mengembangkan fitur batasan harian untuk bermain PUBG di India, yakni maksimal selama 6 jam dan saat ini sedang dalam tahap uji coba. Setelah itu, PUBG mobile akan keluar secara otomatis.

Dibawah ini adalah contoh Peringatan bermain PUBG (PlayerUnknown’s Battleground) yang di tweet oleh salah seorang dari India.

PUBG (PlayerUnknown’s Battleground) telah dilarang di beberapa negara seperti China dan India dan pada pekan lalu, seperti yang dilansir oleh Reuters, 10 siswa di India ditahan karena tertangkap sedang bermain PUBG. Menurut laporan pihak otoritas setempat, larangan bermain PUBG didasari oleh dampak yang dihasilkan dari game kepada penggunanya cenderung negatif, seperti penyebaran sifat atau perilaku kekerasan kepada orang lain.

Jika pemain berupaya untuk kembali masuk ke dalam aplikasi, akan muncul sebuah peringatan yang memberitahu pemain untuk kembali login pada pukul 05:30 waktu setempat.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan adalah meminta verifikasi usia dengan pemain yang diperbolehkan bermain PUBG mobile yaitu minimal 18 tahun.

Namun demikian, fitur-fitur tersebut masih dalam tahap uji coba. Tencent, selaku distributor game PUBG belum membuat pengumuman resmi mengenai pembatasan bermain selama 6 jam ataupun tentang verifikasi usia.

Apabila aturan ini diterapkan, banyak pihak menilai akan membuat kesal para pemain. Meski begitu, kebijakan tersebut juga dinilai lebih baik dibandingkan larangan secara langsung yang menyebabkan gim PUBG tidak boleh dimainkan sama sekali.

Sementara, game bergenre battle royale sejenis lainnya seperti Fortnite buatan besutan Epic Games dan Apex Legends besutan Electrnics Arts tidak mendapat larangan di India. Hal ini ditengarai karena dua gim tersebut belum banyak dimainkan di negara Bolywood tersebut.

PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) merupakan sebuah permainan dengan genre battle royale, dimana para pemainnya bisa bermain dengan 100 orang sekaligus secara daring. Di dalam permainan ini pemain bisa bermain solo, tim 2 orang, dan tim 4 orang, serta bisa mengundang teman untuk bergabung ke dalam permainan sebagai tim.

KOMENTAR ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here