Home News Wi-Fi 6: Apa Itu Wi-Fi 6?

Wi-Fi 6: Apa Itu Wi-Fi 6?

1
0
Wi-Fi 6-Apa-itu-Wi-Fi 6

Pernah dengar Wi-Fi 6? atau merupakan hal yang baru di telinga anda? Jawaban singkatnya, Wi-Fi 6 adalah sebutan baru untuk Wi-Fi 802.11ax. Nama baru ini diberi atau diganti oleh Wi-Fi Alliance, Wi-Fi Alliance adalah organisasi nirlaba yang mempromosikan teknologi Wi-Fi dan mensertifikasi produk Wi-Fi untuk kesesuaian dengan standar interoperabilitas tertentu. Tidak setiap perangkat yang memenuhi IEEE 802.11 dapat diajukan untuk sertifikasi ke Wi-Fi Alliance.

Smarthpone pertama yang mendukung Wi-Fi 6 adalah Samsung Galaxy S10 dan kemungkinan iPhone yang akan luncur di tahun 2019 akan menggunakan fitur ini juga. Selain mendukung standar baru Wi-Fi 6, Galaxy S10 juga akan mendukung 5G, teknologi generasi kelima nirkabel, teknologi seluler terbaru yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan daya tanggap jaringan nirkabel. Menurut rencana, Samsung Electronics akan meluncurkan Galaxy S10 5G pada 5 April 2019 mendatang. Handphone ini akan menjadi HP pertama yang menggunakan teknologi jaringan nirkabel 5G.

Samsung-Galaxy-S10

BELI DI BUKALAPAK

Wi-Fi 6 Lebih Baik dari Wi-Fi 5

Anda mungkin akan temukan salah satu spesifikasi dari Galaxy S10 yaitu Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax atau 802.11ax. Nantinya penunjukan huruf untuk Wi-fi yang digunakan disetiap smartphone akan diganti menggunakan nomor kardinal (Cardinal Number), dimana Cardinal number adalah angka yang digunakan untuk menyatakan jumlah (quantity) dari objek yang dibicarakan. Contoh dari cardinal number adalah angka satu (one), dua (two), tiga (three), empat (four) dan seterusnya.

Wi-Fi Alliance telah memutuskan untuk tidak lagi menggunakan penunjukan huruf yang tampaknya acak untuk versi Wi-Fi dan beralih ke nomor kardinal biasa. Tujuannya adalah untuk memudahkan kita mengetahui versi Wi-Fi berapa yang digunakan pada sebuah ponsel. Mungkin ini akan merupakan nilai tambah bagi calon pembeli.

Samsung Galaxy S10 5G yang menurut rencana akan diluncurkan pada 5 April 2019 mendatang, pada spesifikasi WLAN nya nanti tidak lagi menggunakan kode/hurus/nomor acak seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax tapi akan diganti menggunakan Wi-Fi 6. Semua smarthpones terbaru yang juga akan hadir di tahun 2019 akan menggunakan penamaan spesifikasi WLAN yang sama.

Namun terlepas dari informasi ini, apa yang membuat Wi-Fi 6 lebih baik? Simak penjelasannya dibawah ini.

Daya Tahan Baterai Lebih Lama

Wi-Fi 6 dapat membantu penghematan daya tahan baterai, standar baru ini mengimplementasikan fitur TWT (Target Wake Time) yang bertugas memberitahukan perangkat terkait dengan kebutuhan sinyal Wi-Fi lebih cepat. Hal ini berarti transmisi antara Wi-Fi dapat ditidurkan untuk menghemat daya baterai. Fitur TWT akan memberi tahu perangkat kapan akan membutuhkan paket data berikutnya sehingga fitur ini tahu dan mematikan radio Wi-Fi hingga saat diperlukan lagi.

Kecepatan Data Lebih Cepat

Tentu saja Wi-Fi 6 memiliki kecepatan data lebih cepat dari Wi-Fi 5 (802.11ac) yang dirilis pada tahun 2014 lalu. Teknologi ini memungkinkan kecepatan koneksi hingga 40 persen dibanding teknologi Wi-Fi sebelumnya. Wi-Fi 6 dapat mengirim lebih banyak data dalam jumlah waktu yang sama. Lebih banyak data yang dibutuhkan dapat dikompresi di dalam setiap paket karena rata-rata perangkat keras sekarang dapat menyandikan dan mendekode lebih banyak data sekaligus. Selain itu perangkat yang menggunakan teknologi Wi-Fi 6 akan memiliki hardware yang mampu melakukan hal ini pada jaringan 5GHz dan 2.4GHz.

Performa Lebih Baik Pada Jaringan Sibuk

Anda pasti tahu ketika banyak orang menggunakan koneksi Wi-Fi yang sama maka koneksi akan sangat lambat. Pada Wi-Fi 5 membawa apa yang disebut MIMO (Multiple In and Multiple Out) ke radio Wi-Fi di mana beberapa antena memungkinkan AP (Access Point) untuk “berkomunikasi” ke beberapa perangkat secara bersamaan. Di Wi-Fi 6 berbeda, teknologi ini telah ditingkatkan dan membawa MU-MIMO (Multiple User Multiple In and Multiple Out), AP sekarang dapat mendengarkan atau berkomunikasi ke beberapa perangkat pada saat yang bersamaan. Ini berarti Wi-Fi 6 dapat menangani dua kali atau bahkan lebih lalu lintas yang masuk karena perangkat tidak lagi harus mengantri untuk dapat berkomunikasi kembali ke AP.

Peningkatan performa ini dinilai akan membantu saat beberapa orang menggunakan koneksi yang sama, sering kali terjadi saat menggunakan hotspot Wi-Fi publik atau bahkan Wi-Fi di rumah.

Jaringan Wi-Fi 6 diklaim lebih andal saat dalam kondisi seperti ini.

KOMENTAR ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here