Home Handphone Xiaomi Mau Tahu Bagaimana Xiaomi MI 9 Diproduksi? Ini Pabriknya!

Mau Tahu Bagaimana Xiaomi MI 9 Diproduksi? Ini Pabriknya!

8
0
Pabrik Xiaomi MI 9 di China

Xiaomi, perusahaan Elektronik (smartphones) asal Tiongkok, pada 2 April 2019 kemarin mengundang sejumlah media untuk mengunjungi Foxconn Technology Industrial Park, pabrik pembuat smartphone Xiaomi MI 9 di Langfang. Tujuannya agar media dapat melihat langsung bagaimana ponsel tersebut diproduksi di pabrik tersebut.

Awak-Media-yang-di-undang-ke-pabrik-Xiaomi-melihat-pembuatan-Ponsel-Xiaomi-MI-9
Awak Media yang di undang ke pabrik Foxconn Technology Xiaomi melihat pembuatan Ponsel Xiaomi MI 9

Seperti kebanyakan pabrik zaman sekarang, pabrik Xiaomi juga rata-rata menggunakan automated Robot sebagai pekerjanya, ada beberapa tenaga kerja manusia sebagai pengontrol.

Dilansir oleh gizchina, hal pertama yang dilihat para awak media adalah produksi SMT (Surface-mount technology) dari Xiaomi MI 9. Ini adalah komponen dimana akan dirakitnya Main Board PCB MI 9. Gambar produksi SMT dibawah ini.Pabrik Xiaomi MI 9 di China

Pada gambar berikut dibawah Anda akan melihat Chip ponsel, resistor, dan kapasitor sedang ditempatkan atau dipasangkan di main board oleh robot sesuai dengan koordinat yang sudah ditentukan. Kemudian melalui oven reflow setelah itu seluruh motherboard diproses. Tenaga kerja Robot dapat menyelesaikan pemasangan dan menyolder chip dengan sangat akurat dan juga cepat. Untuk satu jalur produksi saja robot dapat menyelesaikan hingga 8000 motherboard smartphone sehari, dimana jalur produksi SMT tersebut memiliki total 10 produksi di Langfang Foxconn Technology.

Jika satu jalur produksi bisa menghasilkan hingga 8000 motherboard dalam sehari sedangkan Pabrik Xiaomi Foxconn Technology memiliki 10 jalur produksi, maka motherboard yang dibuat dalam sehari mencapai hingga 80.000 motherboard.

Oven reflow adalah mesin yang digunakan terutama untuk pematerian reflow dari komponen elektronik yang dipasang di permukaan ke papan sirkuit tercetak.
Pabrik Xiaomi MI 9 di China-11

Langkah perakitan berikutnya adalah motherboard, layar, kamera, earpiece, baterai, koil pengisian nirkabel, serta komponen lainnya dipasangkan ke Xiaomi Mi 9. Setelah proses ini kemudian diuji apakah komponen yang telah terpasang bekerja dengan baik dan benar. Berikut gambarnya…Pabrik Xiaomi MI 9 di China-22Langkah terakhir adalah proses memasang sel cangkang penutup belakang ponsel (back glass) ke bodi ponsel. Karena saat pemasangan posisinya tepat, maka penutup belakang pas terpasang ke bodi. Setelah langkah ini selesai maka ponsel yang telah dirakit akan mulai dimasukkan sistem.


Baca juga:


Setelah proses perakitan dan memasukkan sistem ke ponsel selesai, smarthpone ini tidak langsung dikirim namun akan mengalami pengujian stress testing atau pengujian ketahanan yang super ketat.

Stress testing adalah aktivitas pengujian perangkat lunak yang menentukan ketahanan perangkat lunak dengan menguji di luar batas operasi normal. Pengujian stres sangat penting untuk perangkat lunak “mission critical”, tetapi digunakan untuk semua jenis perangkat lunak.

Setelah pengujian stress selesai…

Xiaomi Mi 9 akan diproses oleh p2i untuk menutupi permukaan dengan pelapisan skala nano. Proses ini adalah proses pelapisan untuk melindungi smartphone (beserta komponen-komponennya) dari cairan, kotoran dlsb agar tidak mudah masuk ke komponen ponsel. Proses berlangsung selama 3 jam dan pengetesan hingga ke tingkat “percikan” air.

P2i adalah perusahaan pengembangan nanoteknologi yang bekerja dengan produsen untuk menghasilkan perlindungan anti-pelapisan cair terhadap produk elektronik, gaya hidup, ilmu kehidupan, filtrasi dan Energi, serta sektor militer dan kelembagaan.

Pabrik Xiaomi MI 9 di China-0

Lini produksi terakhir adalah smarthpone akan dikemas. Disini Xiaomi Mi 9 akan melewati tes akhir terhadap fungsi-fungsinya seperti layar, kamera, suara dlsb. Kemudian lisensi network akan dipasangkan pada punggung ponsel, ditempelkan barcode, serta screen film.

Pabrik Xiaomi MI 9 di China-44

Ponsel Xiaomi Mi 9 yang diproduksi dan telah selesai melewati serangkaian pengetesan kemudian akan disimpan sementara di area penyimpanan pabrik, yang nantinya kemudian akan dikirim ke berbagai saluran penjualan di seluruh dunia. Biasanya smartphone-smartphone tersebut tidak tersimpan lama digudang tapi secepatnya disalurkan ke penjualan-penjualan.

Pabrik Xiaomi MI 9 di China-55

Xiaomi mengklaim bahwa pada akhir Maret 2019 kemarin, Xiaomi Mi 9 telah terkirim ke saluran penjulanan lebih dari 1,5 juta smartphone. Karenanya pabrik Foxconn Technology di Langfang harus bekerja extra untuk memproduksi lebih banyak smartphone seri ini lagi.

Xiaomi menjelaskan mengapa volume produksi MI 9 sedikit terganggu karena disebabkan beberapa hal, yaitu seperti pasokan modul kamera yang akan digunakan ke smartphone relatif kecil. Namun disampaikan bahwa pada pertengahan Maret kemarin masalah kapasitas produksi yang terbatas telah dipecahkan secara bertahap.

Untuk diketahui, Xiaomi Mi 9 dirakit dan diproduksi oleh tiga OEM smartphone domestik, diantaranya adalah: Langfang Foxconn, Nanjing Yinghuada, dan Xi’an BYD. Ketiganya memiliki tanggung jawab yang berbeda, Langfang Foxconn bertanggung jawab atas sebagian besar produksi, Nanjing Yinghuada bertanggung jawab untuk produksi Xiaomi MI 9 edisi transparan (Xiaomi Mi 9 Transparent Edition) dan Xiaomi MI 9 edisi eksklusif (Xiaomi MI 9 exclusive editions) sedangkan Xi’an BYD baru memulai perakitan dan produksi Xiaomi Mi 9.

KOMENTAR ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here